Lawan Ganjar Pranowo, Benarkah Anies Gandeng Partai Golkar?

Lawan Ganjar Pranowo, Benarkah Anies Gandeng Partai Golkar? Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Video mencatut mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beredar di media sosial. Video tersebut diunggah sebuah kanal YouTube pada 28 November 2022. 

Video itu dilengkapi sampul dan judul yang menarasikan, Anies menggandeng Partai Golkar untuk melawan Ganjar Pranowo. 

Baca Juga: Geger! Pembeking Anies Baswedan Sebut Benny Rhamdani Tuding Umat Islam Patut Jadi Musuh Negara Karena Anti Pancasila!

Berikut narasi dalam sampul dan judul video terkait. 

"LANGKAH JENIUS ANIES GANDENG GOLKAR UNTUK BANTAI GANJAR PRANOWO 

HOT NEWS...!!! GANDENG GOLKAR ANIES BANJIR DUKUNGAN, GANJAR GIGIT JARI" 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ditemukan informasi terkait Anies menggandeng Golkar untuk melawan Ganjar. 

Video tersebut menarasikan artikel dari Sindonews.com dengan judul "Bukan Hanya PPP dan PAN, Gejala Dukung Anies pun Menjalar ke Golkar", tayang pada 27 November 2022. 

Artikel itu mengutip pernyataan pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M Jamiluddin Ritonga tentang Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terancam ditinggal para kadernya jika memutuskan untuk mengusung Ganjar sebagai capres. 

Baca Juga: Survei Median: Elektabilitas Demokrat Melorot Gegara Kelamaan Deklarasi Anies Capres 2024

Menurut Ritonga, persepsi itu terbentuk di internal kader partai yang tergabung dalam KIB. Mereka akan mencari sosok lain yang layak didukung. Gejala itu terlihat di internal PAN dan PPP yang secara terang-terangan menyatakan dukungan terhadap Anies. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi Anies menggandeng Golkar untuk melawan Ganjar adalah tidak benar. Faktanya, judul dan isi video tidak saling berkaitan. 

Populis Discover

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Terkini