Benarkah Habib Rizieq Turun ke Cianjur untuk Berikan Bantuan?

Benarkah Habib Rizieq Turun ke Cianjur untuk Berikan Bantuan? Kredit Foto: Fajar.co.id

Video mencatut Habib Rizieq Shihab beredar di media sosial. Video tersebut diunggah sebuah kanal YouTube pada 27 November 2022. 

Video itu disertai sampul dan judul yang menarasikan, warga sambut Habib Rizieq saat sambangi Cianjur untuk memberikan bantuan. 

Baca Juga: Polisi Periksa 7 Orang untuk Dalami Motif Buntut dari Aksi Pencabutan Label Gereja di Tenda Pengungsian Korban Gempa Cianjur

Berikut narasi dalam sampul dan judul video terkait. 

"BUKAN JOKOWI DAN JONGOSNYA HRS TURUN KE CIANJUR RIBUAN WARGA SAMBUT BANTUAN FPI 

BUKAN JOKOWI DAN GANJARIS.!! TAPI WARGA CIANJUR SAMBUT HRS DAN FPI.!!"

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada informasi terkait Habib Rizieq sambangi Cianjur untuk memberikan bantuan. 

Video tersebut menarasikan sejumlah artikel dari berbagai media. Di antaranya artikel dari Jawapos.com berjudul "Dukung Habib Rizieq, Tokoh Umat Islam se-Cianjur Rapatkan Barisan", tayang pada 1 Februari 2017. 

Berikutnya artikel dari Konten Jatim dengan judul "Beredar Potongan Video Warga Cianjur Minta Bantuan ke FPI, Loyalis Anies Ini Sentil Tajam Pemerintah: Gak Malu yang Sudah Membubarkannya?", tayang pada 25 November 2022. 

Baca Juga: Minta Relawan Gempa Cianjur Mundur Semua Buntut Penyobekan Label Gereja, Musuhnya Rizieq Shihab Teriak Lantang: Biar FPI yang Bantu, Pasti…

Serta artikel dari Fajar.co.id berjudul "Singgung Pertemuan Nasional Relawan Jokowi, Taufik Rendusara: Presiden Pesta di Atas Penderitaan Rakyat", tayang pada 26 November 2022. 

Dengan demikian, video dengan narasi Habib Rizieq sambangi Cianjur untuk memberikan bantuan adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi valid yang mendasari klaim tersebut. 

Populis Discover

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Terkini