Hati-hati Nih... PDIP Bisa Ditinggalkan Pemilihnya Jika Tak Usung Ganjar Jadi Capres 2024

Hati-hati Nih... PDIP Bisa Ditinggalkan Pemilihnya Jika Tak Usung Ganjar Jadi Capres 2024 Kredit Foto: Istimewa

Charta Politika Indonesia telah merilis hasil survei terbaru yang menunjukkan PDIP berpotensi ditinggalkan pemilihnya jika tak mengusung Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. 

"Sebanyak 31 persen responden pemilih PDIP dan Ganjar Pranowo menyatakan tidak akan memilih PDIP jika Ganjar tidak dicalonkan," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya dalam siaran persnya bertajuk 'Persepsi Publik Terkait Kinerja Pemerintah dan Peta Elektoral Terkini' pada 4-12 November 2022 yang dikutip Rabu (30/11/2022).

Baca Juga: Kubu Habib Rizieq Berhasil Dapatkan Barang Bukti Lain Milik Laskar FPI yang Diberondong Aparat, Gile... Ternyata Nggak Cuma Mobil!

Kemudian, mayoritas pemilih Ganjar Pranowo akan tetap memilihnya apabila tidak diusung PDIP sebagai capres 2024 dan sekitar 5 persen responden yang tak memilih Ganjar apabila tidak diusung PDIP.

"Sebanyak 87,5 persen responden pemilih PDIP dan Ganjar Pranowo menyatakan tetap memilih Ganjar Pranowo meskipun tidak dicalonkan oleh PDIP," kata Yunarto.

Baca Juga: Gegara Keseret Kasus Brigadir J, Eh... kena Demosi 8 Tahun, Ridwan Soplanit Abis Beri Kesaksian Ngomong Gini ke Ferdy Sambo

Diketahui, simulasi ini melibatkan 200 orang responden yang mengaku memilih PDIP dan Ganjar Pranowo. Sementara simulasi lain yang melibatkan 398 responden pendukung menilai kalau Ganjar pantas menjadi capres Golkar apabila tidak diusung PDIP.

"Responden yang menyatakan memilih Ganjar Pranowo, 22.9 persen menyatakan jika Ganjar Pranowo tidak dicalonkan oleh PDIP sebagai calon presiden sebaiknya maju melalui dukungan Partai Golkar," paparnya.

Baca Juga: Jokowi Pakai Relawan Agar Parpol Yakin untuk Pilih Ganjar?

Dalam survei itu, nama Ganjar menempati posisi puncak elektabilitas pada simulasi sepuluh nama. Elektabilitas Ganjar jauh di atas nama-nama lain seperti Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan tokoh lainnya. 

Populis Discover

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Terkini