Berani Bener.. Singgung Pemilu 2024, Cak Nun: Indonesia Dikuasai Jokowi Firaun dan Luhut Haman!

Berani Bener.. Singgung Pemilu 2024, Cak Nun: Indonesia Dikuasai Jokowi Firaun dan Luhut Haman! Kredit Foto: Instagram/@caknundotcom

Sebuah video viral di media sosial menampilkan Emha Ainun Najib alias Cak Nun yang menyentil Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan.

Salah satu netizen yang mengunggah video itu adalah pengguna akun Twitter @AryPrasetyo_85. Dalam video yang berdurasi sekitar dua menit tersebut, Cak Nun awalnya menyinggung soal algoritma Pemilu 2024 mendatang.

Baca Juga: Baku Hantam di PT GNI Morowali Utara Tewaskan 2 WNI: Nicho Silalahi Murka, Teriak-teriak Minta Jokowi Usir China

Setelah itu, Cak Nun menyebut Indonesia telah dikuasai oleh Jokowi yang disebutnya sebagai Firaun, Anthony Salim yang menurutnya berperan sebagai Qorun, dan Luhut yang dianggapnya sebagai Haman.

Ia menyampaikan, “Hasil pemilu mencerminkan tingkat kedewasaan dan tidak rakyatnya. Betul tidak. Bahkan juga algoritma pemilu 2024. Kan enggak mungkin menang, wis sa ono sing menang saiki. Karena Indonesia dikuasai oleh Firaun yang namanya Jokowi, oleh Qorun yang namanya Anthony Salim dan 10 naga. Terus Haman yang namanya Luhut.”

“Negara ini sudah dicekal oleh Firaun, Haman, dan Qorun. Seluruh sistemnya, seluruh perangkatnya, semua alat-alat politik sudah dipegang mereka semuanya. Dari uangnya, sampai sistemnya, sampai otoritasnya, sampai apa pun mereka pegang,” sambungnya.

Pernyataan itu dilontarkan oleh Cak Nun saat dirinya menghadiri acara Balagha Asyuddahu yang dilaksanakan oleh Masyarakat Maiyah Bangbangwetan di Pendopo Cak Durasim, Surabaya, Jawa Timur.

Baca Juga: Bamsoet Gak Bolehin Perusahaan BUMN dan BUMD Jadi Sponsor Formula E 2023, Ehh Heru Budi Ngejawab: Boleh...

Acara itu sendiri disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Bangbang Wetan pada Senin (9/1/2023) kemarin.

Saat mengunggah video itu, pengguna akun @AryPresetyo_85 pun menyentil Cak Nun yang tidak berani berkoar saat zaman Soeharto.

“Lambemu cuk..... Lah waktu kon di lingkaran CENDANA jaman Suharto lambemu gak berani koar-koar? Mingkem wae!? Apa jaman Suharto lu kenyang? Sekarang lapar?” tanyanya dikutip Populis.id dari cuitan akun @AryPrasetyo_85 yang diunggah pada Senin (16/1/2023).

Cuitan yang kini telah dilihat 61.000 kali itu kemudian menimbulkan berbagai macam komentar dari netizen, banyak dari mereka ikut mengkritik aksi Cak Nun yang ‘mengatai’ Jokowi dan Luhut.

Baca Juga: Enggak Nyesel Ikut Bunuh Brigadir J, Kuat Ma’ruf Dituntut 8 Tahun Penjara: Dia Tutup Pintu untuk Redam Suara dan Tutup Akses Buat Kabur!

Sebagai informasi, Firaun merupakan raja besar yang namanya ada di dalam Al Quran. Ia sosok raja yang diktator, tiran, dan sombong dengan kekufuran tinggi. Tak hanya itu, ia bahkan menyatakan dirinya sebagai Tuhan serta memintya rakyat yang di bawah kepemimpinannya untuk menyembah ia bak Maha Pencipta.

Sementara itu, Haman yang namanya juga diabadikan di Al Quran adalah penasehat kepercayaan Firaun. Ia merupakan orang yang tegas menolak serta mendorong Firaun untuk menolak ajaran tauhid Nabi Musa AS.

Dalam kerajaan Firaun, Haman menjabat sebagai menteri, penasehat raja, pelaksana, dan pengawas proyek pembangunan mercusuar pada masa itu.

Populis Discover

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Terkini