Survei Algoritma: Ridwan Kamil Sosok Paling Favorit Jadi Cawapres 2024

Survei Algoritma: Ridwan Kamil Sosok Paling Favorit Jadi Cawapres 2024 Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi sosok paling potensial menjadi calon wakil presiden berdasarkan hasil survei terbaru Algoritma Research and Consulting.

Elektabilitas Ridwan Kamil sebagai cawapres sebesar 11,8 persen. Ia merupakan salah satu figur favorit dari hasil survei.

"Ridwan Kamil paling favorit untuk figur cawapres, meskipun dalam konteks ranting capres itu masih di bawah 7 persen," ucap Direktur Riset dan Program Algoritma, Fajar Nursahid dalam keterangannya di Jakarta Pusat, Senin (23/1/2023).

Baca Juga: Erick Thohir Bocorkan Sosok Capres Berambut Putih Penerus Jokowi: Bukan Ganjar, Apalagi Anies!

Selain Ridwan Kamil, ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan elektabilitas 7,4 persen. Menteri BUMN Erick Thohir 6 persen dan Ketua Umum Demokhrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY di angka 5,6 persen.

“Di antara nama-nama yang kalau mencapreskan diri, siapa yang pantas sebagai cawapresnya, Pak Ridwan Kamil menjadi tokoh yang paling moncer disusul Sandiaga dan Erick Thohir,” jelas Fajar.

Disusul nama Eks Panglima TNI Andika Perkasa yang mendapat 4 persen, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 2,4 persen, Ketua DPR Puan Maharani 2,1 persen, dan Menko Polhukam Mahfud MD 1,8 persen.

Baca Juga: Megawati Berikan Potongan Kue Ulang Tahun ke Guntur Soekarnoputra, Kode Minta Restu Pilpres?

Adapun survei Algoritma ini mengambil sampel 1.214 responden yang terbagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih. Hasil survei mewakili pendapat penduduk usia dewasa (usia pilih) secara nasional.

Margin of error dalam survei +/- 3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Lalu, pengumpulan data survei dilakukan pada 19 sampai 30 Desember 2022.

Teknik survei melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner, dilakukan oleh 66 enumerator.

Populis Discover

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Terkini