Mangkraknya Sodetan Ciliwung di Era Anies, Berhasil di Era Heru Budi Sampai Dapat Pujian, Eh... Orang NasDem Blak-blakan Begini

Mangkraknya Sodetan Ciliwung di Era Anies, Berhasil di Era Heru Budi Sampai Dapat Pujian, Eh... Orang NasDem Blak-blakan Begini Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Partai NasDem Hasan Basri Umar soroti proyek sodetan Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT). Ia menyebut proyek itu merupakan hasil kesepakatan penganggaran di akhir kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan.

Hasan mengatakan demikian saat Heru mendapat pujian Presiden Jokowi karena berhasil membereskan pembebasan lahan proyek sodetan Ciliwung hanya dalam hitungan bulan, sementara Anies selama lima tahun tak berhasil membereskan masalah ini.

"Pak Heru adalah pelaksananya, tapi anggarannya kami setujui di zaman (periode terakhir) Pak Anies, anggaran yang berjalan sekarang ini sudah disusun tahun lalu," kata Hasan Basri di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Baca Juga: Jleb Banget, Orang PKS Samber Habib kribo: Hanya Karena Anies Dapat Penghargaan di Inggris, Ente Bilang Pelacur? Sejak Kapan...

Hasan mengatakan alasan mengapa proyek ini tidak dieksekusi pada periode akhir Anies saat anggarannya disetujui karena pelaksanaan pembangunan dari APBD tidak bisa dilaksanakan secara instan.

Dia menjelaskan bahwa perlu ada beberapa tahapan, mulai dari perencanaan anggaran, pencairan alokasi anggaran, hingga pelaksanaan.

"Proses pengerjaannya bertahap. Tapi mungkin sebelum ini, sudah ada pelaksanaannya hanya belum selesai saja, begitu," ucapnya.

Baca Juga: Aduh... Duh... Pidato Anies Kusut, Ruhut Sitompul Jadi Nyinyir Deh: Terlalu Banyak Berbohong Jadi Ngawur, Pening Aku...

Namun, Hasan belum merinci berapa anggaran yang disetujui oleh DPRD dan Pemprov DKI untuk Proyek sodetan Ciliwung ini.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan proyek pembangunan sodetan Kali Ciliwung selesai April mendatang. Jokowi mengapresiasi proyek ini kembali dilanjutkan setelah enam tahun mangkrak.

"Mungkin April insyaallah sudah selesai sodetan Ciliwung yang sudah berhenti enam tahun," ujarnya.

Baca Juga: Dengar Kaesang Tertarik Masuk ke Dunia Politik, Gibran: Bapak Yo Kaget, Biasanya Nggak Pernah Ngomongin Gitu, Tapi Saya Kira Mampu Lah ya...

Jokowi menyebut masalah proyek pembangunan sodetan mangkrak karena masalah pembebasan lahan dan satu setengah bulan bisa selesai permasalahan tersebut dan proyek berlanjut sampai sejauh ini.

Jokowi lantas mengaku kaget pembebasan lahan itu bisa dilakukan oleh Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono. Dia menyebut tidak mengetahui pendekatan apa yang dilakukan Heru hingga pembebasan lahan bisa dilakukan.

"Saya juga kaget dikerjakan oleh Pak Gubernur Heru, saya enggak tahu pendekatannya apa, tapi selesai. Sehingga saya ke sini tadi karena sudah selesai," ujarnya.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Keseret Kasus Korupsi Terus Ditangkap? KPK Beraksi Ngomong Begini

Dengan adanya sodetan Ciliwung, diyakini bahwa banjir Jakarta akan lebih mudah dikendalikan. Sebab, sodetan ini apabila sudah dibuka bisa menyedot 33 meter kubik air per detik untuk posisi siaga empat dan 63 meter kubik air per detik untuk posisi siaga satu. 

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Populis Discover

Terkait

Terpopuler

Video Pilihan

Terkini