Wapres Ma'ruf Amin dan Raja Salman dari Arab Saudi Kompak Dukung Anies di Pilpres 2024, Benarkah?

Wapres Ma'ruf Amin dan Raja Salman dari Arab Saudi Kompak Dukung Anies di Pilpres 2024, Benarkah? Kredit Foto: Istimewa

Video mencatut Wakil Presiden Ma'ruf Amin beredar di media sosial melalui sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 23 Maret 2023. 

Sampul dan judul video seolah mengeklaim bahwa Ma'ruf Amin dan Raja Salman dari Arab Saudi mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024. 

Baca Juga: PKS Bocorkan Cawapres Anies: Kandidatnya Anak Mantan Presiden, Gubernur hingga Eks Panglima TNI

"SEKJEN PDI-P KEPANASAN RAJA SALMAN & KIAI MAKRUF NYATAKAN DUKUNG ANIES PILPRES 2024," tulis kanal tersebut pada sampul video. 

"DUKUNGAN ANIES MEROKET??RAJA SLAMAN & WAKIL PRESIDEN DUKUNG SUKSESKAN ANIES PILPRES 2024," demikian bunyi judul video terkait. 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada klaim terkait Ma'ruf Amin dan Raja Salman mendukung Anies di Pilpres 2024. 

Video membahas tanggapan sosiolog Musni Umar terhadap pernyataan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang menyebut safari politik Anies di Surabaya sepi peminat. 

Musni Umar mengatakan, kunjungan Anies di Jawa Timur disambut masyarakat yang mengelu-elukan Anies seperti lautan manusia. 

Baca Juga: Pasca Teken Piagam Koalisi, PKS Klaim Banyak Partai Melamar Usung Anies: Tapi Minta Jatah Kursi Cawapres!

Narasi yang dibacakan sesuai dengan artikel NewsWorthy berjudul "Loyalis Anies Bantah Sekjen PDIP Safari Politik di Surabaya Sepi: Masyarakat Mengelu-elukan Anies Bagai Lautan Manusia", tayang pada 21 Maret 2023. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi Ma'ruf Amin dan Raja Salman mendukung Anies di Pilpres 2024 adalah tidak benar. Faktanya, pembahasan video tidak sesuai dengan narasi terkait. 

Populis Discover

Terkait

Terpopuler

Terkini